7 Mitos Yang Paling Terkenal di Jepang

Tak bisa dipungkiri jepang adalah salah satu negara yang paling modern di dunia, tapi tahukan kamu selain kesan modern dan canggih jepang ternyata juga kental akan mitos-mitos yang misterius. Pasalnya walaupun negara mereka udah modern sebagian masyarakat jepang masih mempercayai mitos-mitos peninggalan nenek moyang mereka. Berikut mitos-mitos di jepang yang sampai saat ini masih menjadi misteri kebenaranya.


1. Hitobashira

Konon dahulu masyarakat jepang menggunakan mayat manusia sebagai pilar supaya bangunan yang akan mereka bangun akan tetap kokoh walaupun diterjang bencana alam seperti banjir dan gempa bumi, Jika seseorang ingin menjadi Hitobashira, ia harus melakukan ritual bunuh diri dan merelakan mayatnya dikubur dibawah pondasi atau didalam tembok bangunan. Kebanyakan orang-orang jaman dulu yang melakukan Hitobashira adalah orang-orang tua yang miskin atau sakit, mereka rela menjadi Hitobashira dengan ganti anak-anak meraka dijadikan samurai atau diberi kehidupan yang layak.

2. Kutukan Kamar Merah

Mitos ini berawal dari sebuah pop-up di internet yang menampilkan gambar sebuah pintu merah dan rekaman suara "Apakah kau suka ......... ?". Pop-up tersebut akan selalu muncul walaupun sudah berkali-kali ditutup sampai akhirnya pada pop-up akan menayangkan gambar dengan rekaman suara lengkap "Apakah kau suka kamar merah?" bagi siapapun yang mendapatkan pop-up ini keesokan harinya akan ditemukan tewas dengan dinding ruangan dicat merah dengan daarahnya sendiri. Ada banyak mitos yang mengatakan agar selamat dari kutukan ini kamu harus segera matikan komputer saat pop-up ini muncul, jika komputer tak bisa dimatikan segera hadapkan layar komputer ke tembok dan cepat-cepat keluar dari ruangan tersebut.

3. Mitos Kutukan Taman Inokashira

Di taman Inokashira, Tokyo, ada sebuah danau dimana pengelola wisata setempat menyediakan perahu untuk para pengunjung. Namun tahukan kamu bahwa mitos disana mengatakan bahwa siapapun pasangan kekasih yang menaiki perahu di danau Inokashira maka hubungan mereka akan segera berakhir. Hal tersebut dikarenakan didekat danau terdapat kuil yang didedikasikan untuk Dewi Benzaiten, Dewi yang cemburu bila ada sepasang kekasih dan mengutuknya agar berpisah.

4. Mitos Memotong Kuku di Malam Hari

Jika kalian memotong kuku di malam hari palingan yang terjadi cuma kalian bakal terluka karena cahaya lampu terkadang kurang terang sehingga tanpa sengaja ikut melukai jari kamu, tapi di Jepang memotong kuku dimalam hari dipercaya dapat menyebabkan kematian. Hal ini dikarenakan di Jepang terdapat sebuah mitos diamana saat kalian memotong kuku di malam hari akan mengudang roh jahat ke kediaman kita. Kuku dipercaya sebagai bagian dari jiwa dan apabila dipotong dimalam hari akan membuat roh jahat tersebut masuk kedalam tubuh dan mengambil jiwa kita.

5. Mitos Hantu Jubah Merah

Di Jepang ada mitos yang mengatakan jika kalian pergi ke kamar madi, biasanya bilik terakhir kamar mandi atau toilet perempuan maka akan ada suara misterius yang akan bertanya "Apakah kamu mau kertas merah atau biru?". Jika menjawab merah maka korban akan dibunuh dengan cara dicabik-cabik hingga darah berserakan, jika menjawab kertas biru maka leher korban akan dicekik sampai kepala korban berwarna biru pucat. Jika korban menjawab dengan warna lainnya maka akan keluar tangan misterius dari lubang toilet dan menarik korban ke dunia lain. Menurut mitos yang beredar hantu penunggu kamar mandi wanita tersebut menggunakan jubah merah dan topeng yang konon untuk menutupi wajahnya yang jelek karena semasa hidupnya sering dihina oleh para wanita. Agar selamat dari hantu jubah merah ini banyak yang mengatakan agar tidak menjawab pertanyaannya dan segera meninggalkan toilet.

6. Melihat Laba-Laba

Bagi sebagian orang laba-laba memang menjadi sosok yang menjijikan atau ditakuti, terutama perempuan. Di Jepang jika kalian melihat Laba-laba dipagi hari maka itu akan membuat anda sial atau mengalami nasib buruk sepanjang hari, hal ini diyakini sebagian masyarakat jepang sebagai mitos turun temurun sehingga jika mereka melihat laba-laba di pagi hari mereka langsung menangkapnya dan melemparkan laba-laba tersebut keluar rumah dengan harapan hari-hari mereka akan lebih baik.

7. Mitos Memakai Sepatu di Malam Hari

Jika kalian membeli sepatu di Jepang, jangan pernah mencobanya dirumah pada malam hari. Hal ini dikarenakan masyarakat Jepang percaya dengan adanya mitos bahwa jika seseorang mencoba sepatu yang baru mereka beli dirumah pada malam hari, maka karir kerjanya akan hancur atau usaha yang dimilikinya akan bangkut. Apa kalian percaya dengan mitos seperti ini?

Itulah tadi 7 mitos yang dipercaya sebagian masyarakat Jepang, percaya nggak percaya sih namanya juga mitos. Tapi siapa tau kalian mau pergi ke Jepang nggak ada salahnya mengetahui tentang mitos disana supaya kita jauh dari hal-hal buruk.

Baca Juga : 7 Misteri Dunia Yang Sampai Saat Ini Belum Terpecahkan

Komentar